Atribut Produk dan Pengetahuan Produk
Pengertian
Produk (Barang)
Produk (Barang) adalah hasil dari kegiatan proses
produksi(dari bahan baku menjadi barang jadi) sehingga dapat memberikan manfaat
dan mempunyai nilai jual bentuknya nyara.
Pengertian
Jasa
Jasa adalah suau produk yang bentuknya tidak nyara
hasilnya dirasakan secara tifak langsung dan sangat relatif dalam kepuasaanya
serta dititik beratkan kepada pelayanan atau service.
Karaktertistik Produk Barang dan Jasa
· - Barang Berwujud
Maksudnya
bila digunakan nilai, manfaat dan bendanya dapat berkurang atau bahkan habis.
·
Memiliki nilai dan manfaat yang dapat dirasakan saat
digunakan
·
Produk dapat dihitung kualitas dan kuantitas
- Karaktertistik produk jasa
·
Tidak berwujud
·
Dititik beratkan kepada pelayan atau service
·
Bersifat relatif dari segi kepuasan
·
Tidak dapat dihitung
A. ATRIBUT
PRODUK
Pengertian Atribut Produk
Atribut produk adalah suatu yang
melekata pada produk atau unsur dari sebuah produk yang dianggap penting oleh
konsumen dan mencerminkan pengembangan suatu produk untuk dapat dijadiakan
dasar dan pengambilan keputusan pembeli.
Contoh : Produk barang shampo Pantene, konsumen
membutuhkan produk ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar bisan digunakan
untuk mandi.
Suatu barang
harus memiliki atribut dikaranakan atribut produk dipandang sangat penting dan
menceriminkan suatu produk.
-
Kualitias produk
Adalah
salah satu alat utama untuk positioning menetapkan posisi bagi pemasar. Kualitas
produk adalah kemampuan suatu produk untuk melakasanakan fungsinya, meliputi
daya tahan, kenadalan, ketetapan, kemudahan operasi dan perbaikan, serta
ateribut bernilai lainnya.
- Fitur
Product
Adalah
produk dapat ditawarkan dengan beraneka macam fitur.
RANCANGAN PRODUK
Cara lain untuk menambah nilai pelanggan adalah melalui rancangan produk
yang berbeda dari yang lain. Rancangan adalah konsep yang lebih luas
dibandingkan gaya. Gaya hanya menguraikan penampilan produk. Rancangan produk
merupakan langkah yang sangat penting dalam menentukan produk.
A. PEMBERIAN MEREK ATAU BRAND
Merk adalah suatu simbol atau tanda pengenal yang dimiliki suatu produk barang yang berfungsi sebagai pembeda bagi produk yang lain. Merk atau brand juga disini sangat penting dalam pembuatan produk , karena dengan pemberian merk maka produk tersebut sudah mempunyai hak paten dalam produk tersebut sehingga tidak dapat ditiru oleh siapapun atau dijiplak merknya.
Syarat syarat merek:
1.
Harus dapat memberikan kesan tentang manfaat
produknya.
2.
Harus dapat memberi kesan tentang sifat sifat
produknya.
3.
Hendaknya mudah dikenali, dihafalkan dan diingat.
4.
Harus menimbulkan kesan yang baik bagi konsumen atau
pembeli.
B. KEPUTUSAN BAURAN PRODUK
Bauran produk terdiri
dari rangkaian dari semua lini produk dan barang yang ditawarkan penjual
tertentu. Misalnya : kosmetik perona mata, bedak , dll
KLASIFIKASI PRODUK
1. Produk Konsumen
KLASIFIKASI PRODUK
1. Produk Konsumen
Produk konsumen adalah produk yang
dibeli konsumen akhir untuk konsumsin pribadi.Produk konsumen meliputi produk
sehari hari (convinience product), produk shopping (shopping product), product
special(speciality product), produk yang tidak dicari (unsought produk).
2. Produk industri
Produk industri adalah produk yang
dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan
bisnis. Klasifikasi produk yaitu pengelompokan produk
berdasarkan jenis, kegunaan dan manfaat bagi konsumen yaitu terdiri dari 7
departemen :
1.
Food
: makanan
2.
Non food :
produk yang tidak dimakan
3.
Toys
: mainan
4.
Stationary : alat tulis
kantor
5.
Fashion
: produk yang dipakai untuk penampilan
6.
House Hold : peralatan rumah tangga
7.
Fresh
: produk yang tidak tahan lama
Fitri Oktaviani SMK Wikrama Bogor . 16 September 2016
sudah yahh
BalasHapusSebutkan atribut produk pada barang barang pada departemen nonfood
BalasHapusSebutkan atribut produk pada barang barang pada departemen nonfood
BalasHapus